02 January, 2009

Pentingnya kebersamaan dalam keluarga

Dengan semakin banyaknya tuntutan membuat pasangan suami istri pergi ke luar rumah untuk bekerja sehingga kebersamaan dalam keluarga menjadi berkurang.
Saat ini banyak pasangan suami istri yang menganggap dengan sering-sering menelepon keluarga berarti sudah menjaga kebersamaa dalam keluarga. Anggapan ini sudah sangat populer dikalangan pasangan sibuk, tapi sekali lagi perlu diingat kebersamaan disini adalah kehadiran kita ditengah-tengah keluarga dan adanya ikatan serta keterlibatan emosi. Kebersamaan yang berkualitas tidak harus menyita banyak waktu, walaupun waktu yang kita punya cukup singkat asal kita bisa mempergunakan dengan baik maka kita bisa menciptakan kebersamaan yang berkualitas dengan dukungan semua keluarga. Lebih baik mempunyai waktu satu jam tapi semua anggota keluarga mendukung dan berpartisipasi daripada sehari penuh tapi masing-masing anggota keluarga sibuk sendiri-sendiri.
Perlu anda ketahui:
1. Kebersamaan salam keluarga bisa tercipta tanpa harus menyita seluruh waktu anda
2. Kebersamaan dalam keluarga memberikan efek positif pada pekerjaan atau bisnis anda
3. Kebersamaan dalam keluarga memotivasi masing-masing anggota untuk saling terbuka, saling percaya dan menghargai satu sama lain.
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kebersamaan yang berkualitas:

1. Bermain dan bercanda bersama
Karena kesibukan anda berdua mungkin anda berdua sudah lupa kapan terakhir kali anda bermain dan bercanda bersama. Bermain dan bercanda bersama sangat penting untuk menjalin kebersamaan dalam keluarga, selain itu bercanda membuat hati kita rileks sehingga dalam memandang suatu masalah kita bisa lebih tenang dan berpikir jernih.
2. Diskusi
Dalam hal ini bukan memaksakan pendapat, tidak ada yang namanya orang tua atau kepala keluarga yang harus memutuskan semuanya, menjalin kebersamaan dalam keluarga semua harus didiskusikan sehingga mencapai kata sepakat dan membuat semua anggota puas.
3. Nonton bersama
Kegiatan nonton rame-rame tentu sangat menyenangkan, untuk itu pilihlah film yang sesuai dengan umur anak anda, pilihlah film yang ringan dan lucu sehingga anda semua merasa rileks. Diskusikan dengan keluarga sebaiknya film apa yang mau ditonton jangan sampai memilih film yang tidak disukai oleh salah satu anggota keluarga sebab ini akan menjadi bumerang bagi anda, bukannya menjaga kebersamaan kemungkinan malah membuat salah satu anggota anda cemberut dan dongkol.
4. Rekreasi bersama
Apa pernah anda mengalami peristiwa dimana anda berdua merencanakan liburan bersama yang seru tapi ternyata bukan suasana asik yang anda dapatkan malah anggota keluarga yang saling cekcok dan dongkol. Untuk menghindari hal ini jika Anda ingin berekreasi bersama, sebelumnya Anda harus mendiskusikan dengan semua anggota keluarga rencana liburan anda dan meminta komitmen semua anggota keluarga untuk menjalankan sesuai rencana yang telah disepakati. Selama liburan cobalah menahan emosi anda jika anak anda melakukan kesalahan jangan memukul atau membentak sehingga membuat anak anda menangis dan merusak suasana liburan.
5. Berdoa bersama
Dengan melakukan doa bersama membuat anda sekeluarga menyatu. Ada perasaan special yang akan anda rasakan ketika anda melakukan acara doa bersama ini secara rutin. Gak percaya? ayo coba aja gak ada ruginya kan???

3 comments:

Anonymous said...

Judul content diatas judul situs? Maksudnya gimana sih? sorry, aku nggak ngerti maksud pertanyaannya!

Anonymous said...

Oh gitu.....
Yang muncul di SE itu sebenarnya bukan judul situs tapi judul page yang terindex. Jadi kalau halaman utama yang keindex ya judul situs yang keluar, tapi kalau halaman dalam yang keindex ya tergantung judul halaman dalam tersebut. Kalau judul halaman dalam itu merupakan judul content, yang muncul ya judul contain, & kalau judul halaman tsb sama dengan judul situs yang muncul ya judul situs. Tapi umumnya kalau pakai wp ataupun blogger judul halaman adalah juga judul blog + judul content dibelakangnya, jadi judul blog tetap akan muncul didepan. Kalau kamu mau merubahnya kamu harus merubahnya di code HTML tial halaman postingan kamu. tapi kalau untul blogspot kayaknya nggak bisa.

Interfaith Wedding Ceremony said...

seandainya dalam keluarga anak sudah besar-besar jangan sampai kebersamaan ditinggalkan, sang ibu dan sang ayah pergi bekerja sebelum anaknya bangun dan pulang setelah anaknya sudah tidur, jangan sampai begitu, seorang anak harus banyak menerima nasihat-nasihat dari orang tua bukan dari pembantunya. OKEY

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online