05 January, 2009

Cara Mengendalikan Emosi

Ketika seseorang emosi maka semua logika dan akal sehat akan tertutup rasa marah yang memuncak sehingga kita tidak lagi bisa berpikir jernih, kita tidak peduli lagi pandangan orang lain yang ada hanya keinginan untuk melampiaskan rasa marah yang memuncak. Tapi bukan berarti kita tidak boleh emosi, sebagai manusia biasa tentu saja sangat wajar jika kita bisa emosi tapi ada baiknya kita bisa mengendalikan emosi dan menyalurkan dengan baik jangan sampai kita berusaha mati-matian untuk menahan emosi, sebab kata orang nih kalau kita mati-matian nahan emosi suatu saat akan meledak juga.
Untuk menjaga hubungan baik suami istri atau ama pacar juga dibutuhkan pengendalian emosi, dengan mengendalikan emosi kita bisa bertindak dan berpikir jernih apapun masalah yang dihadapi.
Beberapa tips untuk mengendalikan emosi:

1. Posisikan diri anda sebagai orang yang kena marah, kalau memang marahnya cukup beralasan mungkin bisa diterima tapi kalau marahnya membabi buta kan bikin kita bete ya kan? Kadang ada lho orang yang marah gak jelas asal usulnya... bikin bete pokoknya.
2. Coba tenangkan hati dulu sebelum memuntahkan amarah anda, cari tempat yang tenang dan mendengarkan musik yang lembut mungkin bisa membantu meredakan amarah anda.
3. Lupakan penyebab kemarahan anda dengan mencari kesibukan dan melakukan sesuatu yang menyenangkan jadi anda bisa meredakan amarah anda.
4. Ada baiknya curhat ke sahabat dengan begitu beban anda jadi berkurang, tapi ingat sebelum curhat pastikan orang yang mau diajak curhat emang pantas dipercaya jangan sampai curhatan anda jadi konsumsi publik.
5. Cari penyebab kemarahan anda dengan mengetahui penyebabnya anda bisa mencari solusinya.
6. Berpikir sebelum bertindak adalah cara terbaik mengendalikan emosi anda, emang susah ya lagi emosi kok pake mikir dulu tapi kalau anda mau berusaha pasti dech anda bisa terbiasa untuk berpikir rasional meskipun lagi emosi.
7. Pernah denger gak orang tua bilang "masalah kecil jangan dibesar-besarin, kalau bisa tuh masalah besar dianggep kecil, masalah kecil dianggep gak ada" kedengarannya cukup bijak ya, jadi ada baiknya mencoba semboyan itu.
8. Berhitung sampai 100, saat emosi dan sebelum memuntahkan emosi ke orang lain coba dech berhitung sampai 100 dengan begitu kita bisa meredam emosi.
9. Saat kepala panas hati juga panas, jadi saat emosi sebaiknya menyingkir dulu ke tempat tenang untuk mendinginkan kepala dan hati, saat kepala dan hati dingin kita bisa melihat masalah dengan lebih jernih dan bijak.
Nah coba review apakah anda orang yang bisa mengendalikan emosi atau tidak.
Ciri-ciri orang yang tidak bisa mengendalikan emosi:
1. Mudah tersinggung dan suka berkata kasar pada orang lain.
2. Saat marah suka merusak atau melempar barang-barang di sekitarnya.
3. Saat marah bukan hanya mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan hati tapi juga suka memukul.
4. Tidak mudah melupakan amarahnya dan gampang dendam.

6 comments:

Interfaith Wedding Ceremony said...

agar kita bisa mengendalikan emosi, pada waktu ada pertengkaran yang sangat heboh sebaiknya diam, sebab diam adalah emas, ketika si A emosi kemudian si B terus bicara maka pertengkaran tidak akan selesai. Tetapi jika si B diam maka emosi akan sedikit menurun, kalau bisa tampilkan wajah senyum si A pasti akan bingung "lagi bertengkar kok senyum" pasti si A jadi diam. OKEY

chabie luthuna lhooooooooooooooo said...

apakah tidak ada cara lain karena saya akhir-akhir ini terkena amarah orang lain yang tidak jelas apa sebenarnya kesalahan saya?
saya tidak ingin balik marah ataupun balas dendam, justru saya ingin meredakan amarah saya sebisa mugkin...
agar tidak ada masalah yang berkelanjutan.......

Unknown said...

grazie mille per l'informazioni di questo sito by http://www.cataniaroma.com/

UI UX Designers Delhi said...

Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

Gst Consultants Delhi said...

Well with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the rewarding work.

App Developers London said...

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what you're trying to say. I'm sure you'll reach so many people.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online