14 September, 2008

Bagaimana Mempersiapkan Sebuah Pesta Pernikahan

Apa yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan sebuah pesta pernikahan



Jika anda memutuskan tidak memakai jasa wedding organizer dengan pertimbangan biaya maka anda harus benar2 membuat list yang baik supaya semua detail dari yang terkecil sampai yang terbesar tidak ketinggalan.

Hal2 yang perlu anda perhatikan adalah sbb:
1. Tempat Pesta, pesan tempat pesta minimal 1th sebelum hari H, cek apa saja yang anda dapatkan, misalnya MC, Dekorasi, Champagne, Menu makanan. Jangan lupa cek kapasitas tempat pesta tersebut, masing2 tempat memiliki kapasitas undangan yang berbeda.
2. Menu, untuk menentukan menu makanan anda harus menyesuaikan dengan mayoritas undangan anda. Pastikan makanan yang tersedia cukup atau lebih banyak dari jumlah tamu yang diundang. Jika anda memesan tempat pesta di sebuah restaurant mk anda tidak perlu pusing dengan jumlah makanan mereka akan menyesuaikan dengan jumlah meja yang anda pesan
3. Dekorasi, jika tempat pesta anda sudah menyediakan dekorasi mk anda tidak perlu pusing lagi, tapi jika tidak mk diskusikan dengan dekorator anda mengenai tema yang anda inginkan

4. Entertainment, anda bisa berkonsultasi dengan MC anda mengenai lagu/musik yang anda inginkan selama pesta berlangsung, berikan urutan lagu yang harus diputar mulai mempelai memasuki ruangan, saat wedding kiss dsb. Berikan juga daftar urutan foto, usahakan anda & keluarga mengikuti urutan tersebut sehingga tidak membuat MC anda bingung & mengacaukan pesta anda.
5. Undangan, Pesan undangan jauh hari sebelumnya sehingga jika ada yang perlu dikirim ke luar pulau atau ke luar kota anda mempunyai waktu yang cukup untuk mengaturnya.
6. Cincin, jangan lupa memesan cincin pernikahan anda, usahakan 1 bulan sebelum pesta cincin anda sudah siap sehingga jika pesanan cincin anda tidak sesuai yang anda inginkan anda masih punya waktu untuk meminta perbaikan.
7. Gaun Pesta, pilih gaun pesta yang anda inginkan dan nyaman dipakai, jangan sungkan meminta perbaikan jika anda merasa tidak nyaman, ingat anda harus memakainya seharian jika anda merasa tidak nyaman ini akan menyiksa anda selama pesta berlangsung. Lakukan fitting lagi 4 hari sebelum pesta untuk memastikan ukurannya, tidak jarang calon mempelai menjadi lebih kurus karena kecapaian/stress selama mempersiapkan pesta.

8. Make Up, konsultasikan dengan perias anda, berikan informasi mengenai gaun pesta yang anda pakai beserta warnanya sehingga perias anda bisa menyesuaikan dengan warna make up anda, informasikan juga tampilan yang anda inginkan, misalnya soft atau glamour dsb. Karena make up anda harus bertahan seharian, pastikan ada make up perbaikan dan jangan lupa membuat janji dengan perias anda untuk perbaikan make up. Jangan lupa mewarna kuku anda supaya terlihat rapi dan anggun.
9. Perawatan Pra Wedding, jangan lupa mengambil perawatan pra wedding, sehingga saat hari H anda terlihat segar.
10. Bunga Tangan, biasanya bunga tangan sudah disediakan oleh penyedia gaun pengantin, diskusikan dengan mereka bunga tangan yang anda inginkan, apakah dari bunga segar atau plastik. Jika dari bunga segar, anda bisa menginformasikan warna dominan yang anda inginkan, juga jenis bunga yang anda inginkan.
11. Foto, tentukan apakah foto yang anda inginkan indoor atau outdoor atau kombinasi keduanya, jika anda menginginkan foto outdoor anda harus menentukan tempat foto terlebih dahulu, atau jika anda bingung anda bisa mendiskusikan dengan fotographer anda biasanya mereka mempunyai banyak referensi tempat foto outdoor yang bagus. Pastikan juga fotographer anda berpengalaman dengan foto outdoor dan indoor, tidak jarang photographer hanya bagus saat mengambil foto indoor dan kurang bagus pada foto outdoor.
12. Mobil Pengantin, jika anda memutuskan untuk menyewa mobil pengantin diskusikan dengan pemiliknya harga yang mereka tawarkan untuk berapa jam, jika hanya cukup sampai mengantar anda ke tempat pesta mk tidak usah dipaksakan menambah jam sampai pesta selesai, anda bisa ikut mobil keluarga untuk pulang daripada harus menambah uang sewa kan??
13. Penerima Tamu, diskusikan dengan keluarga apakah penerima tamu akan diambil dari anggota keluarga atau anda perlu menyewa? Jika dari anggota keluarga anda harus memastikan perlu seragam atau tidak, jika anda menyewa mk anda tidak perlu repot, anda tinggal memilih seragam yang mereka punya.
14. Surat-surat, jangan lupa mempersiapkan surat-surat yang anda butuhkan untuk membuat akte perkawinan.



1 comments:

Interfaith Wedding Ceremony said...

untuk undangan tidak dikirim sampai ke luar pulau juga tidak masalah sebab, kalau yang di uandang ada di luar pulau/ pulau lain dia akan merasa keberatan dengan dana transport yang di keluarkan.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online