14 September, 2008

Merencanakan Pernikahan Yang Matang

RENCANA PERNIKAHAN YANG MATANG

Sebagian besar calon pengantin sudah mempunyai rencana kapan akan melangsungkan pernikahan, tapi tidak jarang ada yang berpikiran bahwa merencanakan pernikahan bisa 6 bulan sebelum hari H. Jika anda menginginkan pernikahan yang sempurna maka rencanakan pernikahan anda 12 bulan (1 tahun) sebelum hari H, sehingga anda bisa mencari lebih banyak pilihan & memilih yang terbaik untuk pernikahan anda.

Dalam merencanakan pernikahan, hal2 yang perlu anda pertimbangkan adalah:

1. Tanggal pernikahan, sudah bukan rahasia lagi di jaman yang serba modern ini tanggal pernikahan tetap dihubungkan dengan hari baik dan segala macam peraturan di keluarga kita, untuk itu sebelum menentukan tanggal pernikahan anda diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga anda dan calon pasangan untuk menghindari konflik. Sebagian besar konflik menjelang pernikahan adalah karena perbedaan pendapat dalam menentukan tanggal pernikahan. Sebagian besar calon pengantin menginginkan pesta di akhir minggu sehingga kemungkinan besar undangan akan datang, tapi tidak jarang tanggal yang diberikan keluarga adalah pertengahan minggu, untuk itu diskusikan dengan seluruh keluarga supaya saat atau setelah pesta berlangsung tidak ada lagi ganjalan.

2. Tempat Pesta, untuk mendapatkan tempat pesta yang anda inginkan maka anda harus memesannya 1th sebelumnya, apalagi jika anda hanya mempunyai 2-3 tanggal pesta sebagai alternatif tentunya akan semakin sulit untuk mendapatkan tempat. Tidak jarang tempat pesta favourite sudah fully book untuk 1-1.5 tahun kedepan :-)

3. Cuaca, jika anda menikah dimusim hujan ada baiknya anda memilih pernikahan didalam gedung. Tidak jarang calon pasangan pengantin menginginkan pernikahan diluar gedung (pesta kebun) meskipun mrk tau saat itu adalah musim hujan, bukankah ini terlalu dipaksakan??? Pertimbangkan jika saat pesta berlangsung tiba2 turun hujan, bukankah sayang dekorasi mahal & makanan yang anda pesan jadi berantakan dan tamu2 anda berlarian mencari tempat untuk berteduh?

4. Kapasitas Undangan, tidak jarang saya melihat jumlah undangan melebihi kapasitas ruangan pesta sehingga banyak tamu yang bergerombol menunggu mendapatkan tempat duduk. Ingat dalam menghitung jumlah undangan yang hadir anda harus benar2 memperhitungkan jumlah keluarga yang mrk punya jangan dipaksakan hanya memperhitungkan 2 orang yang hadir per undangan. Memang anda sudah mencantumkan "undangan berlaku untuk 2 orang" tapi apa anda yakin mereka benar2 datang 2 orang?? bagaimana jika mereka datang bersama anak mereka apakah penerima tamu anda harus mengusir mereka? tidak mungkin bukan? Untuk itu anda harus mengantisipasi sebelumnya supaya pesta pernikahan anda tidak membuat anda sendiri malu.

5. Menu, sebelum menentukan menu pesta anda, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu tamu anda, tidak jarang kita menyediakan menu yang wah untuk membuat kagum tamu kita tanpa mempertimbangkan apakah menu tersebut cocok untuk mereka. Saya pernah menghadiri sebuah pesta yang menurut saya cukup bagus, tapi menu mereka rata2 didominasi daging kambing, sedangkan undangan yang hadir kebanyakan dari pihak orang tua dimana usianya rata2 sudah diatas 45th, akhirnya makanan mereka tersisa banyak sebab sebagian besar tidak berani menyantap hidangan tersebut dengan alasan kolesterol, asam urat dsb. Untuk itu perhatikan undangan anda jangan memilih menu berdasarkan karena anda atau pasangan anda suka, jangan memilih menu berdasarkan trend, yang penting tamu anda menikmati hidangan yang disajikan dan mereka puas.

Ini sebagian rencana yang harus anda persiapkan jauh hari sebelumnya untuk mendapatkan pesta yang anda inginkan.


0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online