16 September, 2008

Menentukan Rincian Pernikahan Berdasarkan Dana yang Tersedia

Banyak pasangan pengantin baru yang terkejut dengan membengkaknya biaya pernikahan mereka. Untuk menghindari hal tersebut maka kita harus membuat perencanaan yang matang dan berusaha untuk komit pada rencana tersebut.

Yang pertama anda lakukan adalah menentukan anggaran yang tersedia, kemudian buat rincian untuk:

1. Jumlah undangan, buat daftar tertulis teman/kerabat yang anda undang, termasuk dari pihak orang tua. Buat rincian secara detail berapa banyak jumlah anggota keluarga mereka terutama dari pihak keluarga. Dari rincian tersebut anda bisa memperkirakan jumlah undangan yang perlu anda pesan. Tentukan anggaran yang anda sediakan untuk pembuatan undangan, dari sini anda bisa menghitung dengan jumlah undangan yg anda perlukan mk undangan dengan harga berapa yang harus anda pesan.
2. Baju Pengantin, anda bisa menyewa baju pengantin untuk menghindari pembengkakan dana, apalagi gaun pengantin ini hanya dipakai sekali, sayang kan kalau harus membeli dengan harga yang lumayan tinggi. Harga sewa gaun pengantin juga bermacam2 tergantung model dan berapa kali baju tersebut disewa, jika baju yang anda sewa termasuk model baru dan belum ada yang memakainya tentu harganya akan lebih mahal.
3. Souvenir, saat ini banyak sekali jasa pembuatan souvenir dengan harga yang bervariasai, anda bisa mendapatkan souvenir sesuai dengan dana yang anda sediakan, jika memutuskan untuk membuat souvenir sendiri, anda harus membuat perhitungan terperinci terlebih dahulu termasuk memperhitungkan tenaga yang akan membantu apakah memadai. Jika tidak hati-hati mk bisa-bisa pembuatan souvenir sendiri malah akan membuat biaya membengkak.
4. Make Up, anda harus menentukan apakah akan memakai jasa salon atau ada anggota keluarga yang bisa membantu dalam hal make up dan penataan rambut. Jika memutuskan memakai jasa salon mk anda bisa mulai mencari salon yang sesuai dengan gaya make up anda. Jangan lupa juga memperhitungan dana yang anda sediakan untuk jasa salon, usahakan tidak melebihi target supaya biaya anda tidak membengkak. Kebanyakan salon yang menyewakan gaun pengantin juga menyediakan jasa make up dengan harga yang relatif rendah (termasuk satu paket dengan gaun pengantin)
5. Cincin, kebanyakan calon pengantin tidak membuat batasan anggaran untuk pembuatan cincin pernikahan, kebanyakan mereka langsung pergi ke toko perhiasan kemudian mencari model yang mereka suka tanpa memperhitungkan keterbatasan dana yang mereka punya. Jika dana anda terbatas sebaiknya anda tentukan dahulu dana yang anda sediakan untuk cincin pernikahan kemudian diskusikan dengan calon pasangan sehingga anda berdua akan mempunyai komitmen yang sama, jangan sampai calon anda memilih cincin yang harganya jauh diatas dana yang anda anggarkan sehingga terjadi perselisihan.
6. Tempat Pesta, dengan jumlah undangan yang anda sebarkan mk anda bisa mulai mencari tempat untuk melaksanakan pesta anda, masing2 tempat mempunyai kapasitas yang berbeda2. Dengan menyediakan waktu yang cukup maka anda bisa leluasa mencari tempat pesta sekaligus membuat perbandingan harga. Biasanya MC, dekorasi & band sudah disediakan oleh restaurant, jika anda memilih menyewa gedung mk Menu, MC, Dekorasi & Band harus anda perhitungkan.

7. Menu, menentukan menu pesta harus memperhatikan mayoritas undangan yang hadir, sekali lagi perhitungkan juga dana yang sediakan.
8. Foto & VCD, untuk foto & VCD bisa dari pihak keluarga, kalau memakai jasa dari luar perkirakan berapa rol yang anda butuhkan kemudian diskusikan dengan fotographer anda bagian mana yang tidak perlu diabadikan, jika anda tidak berpesan terlebih dahulu mk fotographer anda akan mengabadikan semua moment sehingga kebutuhan foto anda akan membengkak. Jika anda memutuskan memakai foto outdoor mk tentukan tempatnya dulu dan tanyakan berapa yang harus anda bayar untuk sewa tempat tersebut.
9. Mobil Pengantin, tentu akan lebih hemat jika memakai mobil sendiri, tapi jika anda memutuskan menyewa, mk anda harus teliti dengan harga yang mereka tawarkan untuk sewa berapa lama, jika tidak mencukupi dari pagi sampai pesta usai, ada baiknya anda perhitungkan apakah pagi memakai mobil keluarga dahulu atau malam saat pesta selesai yang pakai mobil keluarga, dengan begini anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperpanjang waktu sewa.
10. Kue Pengantin, ini salah satu bagian penting dari pesta pernikahan, anda bisa memilih sesuai selera & dana yang anda anggarkan.
11. Bunga Tangan, memilih bunga segar tentunya membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan dengan bunga plastik. Jika anda memilih bunga segar, sebaiknya sesuaikan dengan model & warna gaun anda serta berikan informasi pada florist anda mengenai tema pernikahan anda sehingga florist anda bisa menyesuaikan tipe bunga yang akan dipakai.
12. Perawatan Pra Nikah, mempersiapkan pesta pernikahan membutuhkan tenaga yang banyak juga membuat kita stress, ada baiknya anda melakukan perawatan pra nikah supaya saat pesta berlangsung anda tampak segar. Jika dana anda terbatas perawatan ini tidak harus dilakukan disalon, anda bisa melakukan sendiri dirumah, sekarang ini banyak sekali paket2 perawatan pra nikah yang dijual dipasaran.

1 comments:

Interfaith Wedding Ceremony said...

dana merupakan hal yang penting dalam pernikahan, optimalkan dana yang ada jangan sampai merayakan acara pernikahan dengan meminjang uang orang lain, OKEY

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online