24 November, 2008

Menjaga Hubungan Supaya Langgeng

Menjaga hubungan supaya langgeng bukanlah hal yang mudah.
Setelah mendapatkan orang yang kita sayang bukan berarti kita sudah berhasil, yang terpenting adalah bagaimana menjaga hubungan tersebut supaya langgeng.
Kalau kita lihat kita akan temukan begitu banyak orang yang tidak berhasil mempertahankan hubungannya tapi banyak juga yang berhasil dan membuat hubungan pernikahan atau percintaan mereka begitu awet (langgeng).
Melihat hal ini tentu kita bertanya-tanya apa sich resepnya sehingga hubungan mereka bisa awet.
Menurut beberapa orang hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga hubungan supaya tetap awet adalah:
1. KOMUNIKASI
Semua hubungan pasti diawali dengan komunikasi, entah hubungan bisnis, hub dengan orang tua atau hubungan dengan orang yang kita cintai pastilah memerlukan komunikasi. Jadi komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik juga. Seringkali ada salah persepsi mengenai komunikasi, komunikasi yang baik bukan hanya berbicara tapi juga mendengarkan, coba bayangkan aja kalau 2 orang saling bicara tanpa ada yang mau mendengarkan maka tujuan mereka tidak akan pernah tercapai.
Komunikasi yang baik jika anda berdua bisa saling memahami dan mau mendengarkan, tapi jika anda berdua sudah saling berpura-pura berarti anda berdua sudah kehilangan komunikasi

2. KEPERCAYAAN
Dalam suatu hubungan kepercayaan adalah pondasinya, jika rasa saling percaya sudah tidak ada maka hubungan anda akan dengan mudah berakhir. Tanpa kepercayaan anda akan sangat berat menjalani hubungan anda, misalnya saja pasangan anda terlambat pulang atau terlambat datang maka meskipun dia memberikan alasan yang sebenarnya anda akan tetap merasa curiga dan ini membuat anda tidak tenang. Dengan tidak adanya kepercayaan dalam hubungan maka anda akan dengan mudah dihasut oleh pihak lain, bisa saja ada orang yang ingin menghancurkan hubungan anda dan memberikan cerita palsu, karena pada dasarnya anda tidak percaya pada pasangan anda maka dengan mudah anda percaya dan tidak mau mendengarkan penjelasan pasangan anda.
3. KEJUJURAN
Untuk mendapatkan kepercayaan pasangan anda maka dibutuhkan KEJUJURAN, dengan saling terbuka maka pasangan anda bisa mengenal anda dengan baik sehingga tidak mudah dihasut pihak lain. Ada pepatah bilang kejujuran bisa sangat menyakitkan, tapi yakinlah rasa sakitnya tidak sebanding dengan rasa sakit karena dibohongi. Mungkin kejujuran yang anda utarakan bisa menyakiti hati pasangan anda, tapi kejujuran anda bisa menyelamatkan hubungan anda.
4. SAHABAT & TEMAN
Jadilah sahabat, teman atau saudara untuk pasangan anda, dalam suatu hubungan jika anda hanya jadi pacar/teman hidup maka hubungan anda tidak bisa langgeng, kenapa??? sebab pasangan anda atau anda sendiri akan menyimpan banyak rahasia atau punya TTM or sahabat buat tempat curhat yang ujung-ujung bisa membuat pasangannya cemburu, akhirnya ribut dech :-) So jadilah teman, sahabat atau saudara untuk pasangan anda
5. MENGHARGAI
Semua orang butuh dihargai karena semua orang punya harga diri. Kalau kita tidak bisa menghargai pasangan, secara otomatis kita tidak respek terhadap pasangan kita, selalu memandang rendah dan tidak peduli terhadap perasaan pasangan kita. Hubungan seperti ini akan diwarnai banyak pertengkaran dan akhirnya bubar dech.... So harus saling menghargai dan jangan lupa supaya dihargai kamu juga harus bisa menghargai dirimu sendiri.
6. MEMAAFKAN DENGAN TULUS
Dalam menjalin suatu hubungan sebaiknya tidak ada dendam, jika pasangan anda membuat kesalahan yang menurut anda sangat fatal sebaiknya pikirkan terlebih dulu apakah anda bisa memaafkan atau tidak. Memaafkan disini artinya benar-benar memaafkan bukan hanya dibibir saja, artinya anda tidak akan mengungkit-ungkit masalah itu dan jika pasangan anda membuat kesalahan lain anda tidak menghubung-hubungkan dengan kesalahan itu. Jika anda tidak yakin bisa memaafkan sebaiknya anda pertimbangkan kembali apakah akan melanjutkan hubungan anda atau mengakhirinya, percaya dech hubungan yang diwarnai dendam sangat tidak nyaman buat anda berdua dan mudah bubar.
7. PENGERTIAN
Namanya juga dua pribadi yang berbeda menyatu so pasti banyak perbedaan yang memerlukan kompromi dari dua pihak kalau tidak ada saling pengertian maka akan banyak pertengkaran.
8. WAKTU BERDUA
Setelah menikah apalagi kalau udah punya momongan maka kita jadi sibuk mengurus anak dan tanpa sadar masuk rutinitas dan melupakan perasaan terhadap pasangan, so ada baiknya anda meluangkan waktu untuk berdua dan mengingat masa pacaran jadi perasaan anda berdua tidak mati, seperti bunga kalau nggak disiram ya akan kering dan mati.
9. SUASANA
Menjaga hubungan supaya langgeng harus bisa menciptakan suasana yang nyaman. Kata orang sich tertawa adalah obat mujarab untuk mengusir stress dan amarah, so buatlah pasangan anda tertawa dan merasa rileks.
10. NYAMAN
Kalau kita nyaman dengan seseorang maka kita tentunya tidak ingin kehilangan orang tersebut, kita bisa dengan bebas mengekspresikan diri dan bercerita semua yang kita alami.

2 comments:

Anonymous said...

Thank you banget atas tawarannya, aku dah daftar di www.infogue.com

niTnOt said...

thengkyu bnyak yach buat artikel-na...
membantu banget buat aq...

makacih bnyak yach...

cemoga bisa langgeng sampai akhiR waktu qt...

cemangat.. :)

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online