14 November, 2008

Pasanganmu tipe Sanguin, Koleris, Melankonis atau Plegmatis???

Menurut seorang psikolog Romawi (Galen) manusia dibedakan menjadi 4 tipe kepribadian:
SANGUIN
Tipe ini suka kepopuleran, karena itu dia paling suka bersenang-senang dan cari perhatian. Tipe ini biasanya supel dan bisa menjadi sahabat banyak orang. Karena sifatnya yang supel, dia selalu jadi sorotan banyak orang. Sangat sensitif tapi selalu optimis terhadap semua masalah. Sayangnya tipe ini susah sekali diatur dan gampang tersinggung (sensitif). Ciri khas tipe ini ceriwis dalam pergaulan :-)
KOLERIS
Tipe ini punya kepribadian yang kuat, dia suka memimpin dan aktif dalam organisasi. Tipe ini menuntut loyalitas yang tinggi dan suka memerintah tapi dia tidak segan menerima tugas sulit yang penuh tantangan. Karena sifat kerasnya tipe ini kadang suka menang sendiri,selalu merasa benar, keras kepala dan tidak peka ama perasaan orang lain

MELANKONIS
Ini adalah tipe pendiam dan pemikir, dia suka sekali sesuatu yang sempurna, jangan heran kalau tipe ini suka sekali menyendiri karena dia butuh ketenangan. Sifatnya yang ingin semuanya sempurna membuat dia sangat berhati-hati dalam bekerja dan bersikap,semuanya serba teratur. Karena maunya serba sempurna tipe ini gampang banget kecewa dan depresi.
PLEGMATIS
Ini adalah tipe cinta damai, dia suka semuanya seperti apa adanya jadi tidak perlu diubah lagi. Dia paling benci resiko dan tantangan juga tidak suka mempersoalkan hal kecil. Tipe ini susah sekali menerima perubahan, kurang disiplin, kurang motivasi dan suka sekali menunda-nunda pekerjaan. Pendiam dan tidak suka keramaian adalah tipical tipe ini. Dalam pergaulan tipe ini biasanya dianggap tipe lamban.

Menurut Galen , tiap individu dibentuk dari kombinasi 2 kepribadian.
SANGUIN+KOLERIS akan menghasilkan individu yang energik, optimis dan terus terang.
PLEGMATIS+MELANKONIS menghasilkan individu yang pesimis dan lembut.
KOLERIS+MELANKONIS tipe ini suka melakukan semua pekerjaan dengan cepat dan sempurna
SANGUIN+PLEGMATIS menghasilkan individu yang suka humor, rileks dan menerima orang lain apa adanya.

0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online