28 November, 2008

Merawat Rambut Supaya Sehat dan Indah

Bagaimana cara merawat rambut supaya sehat dan indah.
Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat dan indah sebab rambut adalah mahkota, tapi sayangnya tidak semua dikaruniai rambut sehat dan indah tapi bukan berarti tidak bisa mendapatkan rambut sehat dan indah lho, yang penting usaha.
Yuk kita intip gimana caranya merawat rambut supaya sehat dan berkilau.
1. AIR
Pastikan air yang anda gunakan untuk mencuci rambut benar-benar air bersih, seringkali air yang kurang bersih dan juga asin membuat rambut menjadi kering dan akhirnya bercabang dan patah-patah.
2. LINGKUNGAN
Lingkungan yang banyak asap sangat tidak sehat buat rambut kita, bukan hanya rambut paru-paru juga akan terkena dampaknya.
3. KEBIASAAN
Biasakan membiarkan rambut tergerai jika kondisinya basah untuk menghindari bau apek dan ketombe. Biarkan rambut kering secara alami jangan terlalu sering memakai alat pengering rambut ini akan membuat rambut anda kering, patah-patah, bercabang dan kusam.

4. PEWARNAAN
Jika kondisi rambut anda kering dan patah-patah sebaiknya jangan diwarna atau dikriting dulu, rawat dulu rambut anda untuk mengembalikan kelembabannya jika dipaksakan mewarna atau mengkriting rambut bisa-bisa rambut anda rusak bahkan mati.
5. MASKER RAMBUT
Pakailah masker rambut secara rutin ini untuk menghindari kekeringan, patah-patah dan cabang pada rambut, apalagi jika anda tinggal didaerah yang panas dan kering.
Memakai masker rambut tidak harus ke salon, penggunaan masker rambut sangat simple, cukup oleskan krim rambut secara merata pada rambut yang sudah dicuci bersih biarkan beberapa saat (kurang lebih 20-30 menit)tutup dengan handuk, setelah itu bilas dengan air suam suam kuku. Jika kondisi rambut anda sangat kering pakailah vitamin rambut (misalnya mutiara) setiap abis keramas.
6. PRODUK UNTUK RAMBUT
Jika anda rutin memakai produk untuk rambut misalnya hairspray pilihlah yang kandungan alkoholnya kecil untuk menghindari kekeringan rambut dan ketombe.
7. MAKANAN YANG BERGIZI
Untuk mendapatkan rambut yang indah, sehat dan berkilau biasakan hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi buah dan air putih.
8. OLAHRAGA
Lakukan olahraga secara rutin supaya sirkulasi darah anda lancar sehingga sirkulasi darah dikepala juga lancar ini akan menghindarkan anda dari rambut kusut.
9. PERAWATAN
Lakukan perawatan rambut seperti cream bath, hair spa atau hair mask (masker rambut) secara rutin. Tapi perlu diingat jika rambut anda rontok sebaiknya hindari creambath untuk sementara waktu, cukup lakukan masker rambut saja dan jangan lakukan pemijatan supaya tidak memperparah. Untuk rambut berketombe lakukan creambath dan hair spa secara bergantian, sedangkan untuk rambut yang kering dan patah-patah lakukan masker rambut untuk mengembalikan kelembaban rambut.
10. SHAMPO
Nah ini yang paling berperan, pilihlah shampo yang sesuai untuk tipe rambut anda jangan hanya mengandalkan harga, jika harganya mahal dan kualitasnya juga bagus tapi kalau tidak sesuai dengan tipe rambut anda maka anda tidak akan bisa mendapatkan manfaatnya. Misalnya anda memakai shampo anti ketombe padahal rambut anda tidak berketombe, percuma kan beli shampo anti ketombe malah bisa-bisa rambut anda jadi kering sebab shampo anti ketombe biasanya mengurangi kadar minyak di kulit kepala.
11. KEBERSIHAN
Jagalah kebersihan rambut, keramas yang rutin dan pastikan sisir rajin dicuci untuk menghindari bakteri dan kotoran.
12. PENUTUP KEPALA
Bisa Helm atau topi, untuk menghindari tumbuhnya jamur dikepala yang bisa menyebabkan ketombe hindari pemakaian helm atau topi dalam waktu yang lama, jagalah kebersihan helm atau topi anda, helm atau topi yang kotor merupakan sarang bakteri yang bisa menyebabkan bau apek, kusam dan ketombe pada rambut.

0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online