08 December, 2008

Merawat supaya wajah tidak kusam

Merawat kulit wajah bukanlah hal yang mudah, kalau pola makan dan kebiasaan kita tidak baik maka wajah kita akan terlihat kusam dan kotor. Wajah kusam tentu saja tidak sedap dipandang.
Untuk menghindari kulit wajah yang kusam maka harus diperhatikan beberapa hal dibawah ini:
1. Jangan memakai make up saat tidur terutama tidur malam, saat tidur malam adalah saat kulit melakukan regenerasi jika kulit wajah kita ditutup make up maka proses regenerasi kulit tidak akan bisa maksimal akibatnya kulit mati yang seharusnya
lepas untuk digantikan kulit baru tidak bisa terjadi hal ini akan mengakibatkan kulit wajah kita terlihat kusam.
2. Perbanyak makan buah dan sayur, buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang sangat berguna untuk regenerasi kulit wajah terutama buah yang mengandung vitamin C sangat baik untuk menjaga kehalusan kulit.
3. Minum air putih yang cukup, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan mempertahankan kelembaban kulit sehingga kulit wajah kita terhindar dari kekeringan yang bisa menyebabkan penuaan dini.

4. Scrup, lakukan scrup untuk wajah seminggu sekali untuk membantu proses pelepasan kulit mati sehingga sel yang baru akan tumbuh, jangan kuatir kulit wajah akan menipis sebab kulit mati yang tanggal akan digantikan yang baru.
Kebanyakan orang berpikir kalau sering scrup maka kulit wajah kita jadi tipis dan sensitif, opini ini kurang tepat yang benar adalah kalau kita rajin membersihkan wajah dan melakukan scrup maka kulit mati akan tanggal secara teratur dan digantikan
yang baru jadi kulit wajah kita terliat segar. Jadi kulit wajah kita bukan menipis yang benar adalah karena terlalu banyak penumpukan kulit mati diwajah maka saat kulit mati tersebut dibersihkan kita merasa kulit wajah kita menipis.
Saat kulit wajah kita sudah terbebas dari kulit mati yang menumpuk maka kulit wajah kita akan digantikan oleh sel sel sehat yang baru jadi saat wajah kita kotor kita akan merasa gatal dan kalau terpapar sinar matahari akan merah ini wajar sebab kulit mati yang selama ini seperti mantel sudah tidak ada seperti halnya bayi yang kondisi kulitnya masih segar dan sehat akan mudah merah kalau terpapar sinar matahari.
Memang sebaiknya kulit wajah tidak terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung untuk itu kita perlu tabir surya untuk melindungi kulit wajah kita.
5. Bersihkan wajah setelah memakai make up, pagi hari dan juga menjelang tidur malam, dengan membersihkan wajah secara teratur maka kulit mati akan terlepas secara rutin.
6. Saat menggunakan susu pembersih (cleansing milk) bersihkan dengan tissue jangan menggunakan kapas sebab kapas mempunyai pori-pori yang sangat halus sehingga kotoran tidak bisa terangkat semua.
7. Jangan terlalu sering menggunakan dasar bedak (foundation), pewarna pipi (blush on) dan bedak padat supaya pori-pori wajah tidak tertutup. Kalau pori-pori tertutup maka regenerasi sel kulit juga tidak bisa berjalan.
8. Dengan tingginya polusi ada baiknya anda lakukan facial (cuci muka) secara rutin untuk mengembalikan kesegaran kulit.

0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online